Merancang Sistem Keamanan Gedung Kantor yang Tepat

PERUSAHAAN JASA PENYEDIA SECURITY KANTOR DAN GEDUNG

Merancang Sistem Keamanan Gedung Kantor yang Tepat

Merancang sistem keamanan gedung kantor merupakan hal penting yang harus diperhatikan. Keamanan merupakan bagian penting yang harus dijaga agar semua kegiatan berjalan dengan lancar dan kondusif.

Keamanan gedung yang terjaga juga akan menimbulkan rasa aman bagi Anda dan juga orang yang berada di dalam gedung tersebut. Ingatlah, dalam menyewa ataupun membangun sebuah bangunan fungsi keamanan harus benar-benar di perhatikan.

Aspek yang Harus Diperhatikan Dalam Merancang Sistem Keamanan Gedung Kantor

Sistem keamanan pada gedung dan kantor memanglah harus dirancang dengan sangat matang. Jangan sampai Anda abai sehingga nantinya dapat menimbulkan hal-hal yang tidak diinginkan.

Dalam merancang sistem keamanan juga perlu pertimbangan yang matang, ada beberapa aspek penting yang harus diperhatikan. Oleh karena itu, Anda juga bisa menyewa jasa ahli perencanaan sistem keamanan gedung kantor. Tujuannya adalah untuk mendapatkan sistem keamanan yang sempurna.

Beberapa aspek yang harus diperhatikan dalam perancangan sistem keamanan gedung adalah:

1. Sumber Daya Keamanan Gedung

Aspek pertama yang harus Anda perhatikan tentu saja sumber daya keamanan gedung. Pastikan apa saja hal-hal yang dibutuhkan untuk membangun sistem keamanan yang memadai. Hal-hal tersebut dapat berupa alat penunjang keamanan dan juga tenaga penjaga keamanan.

Anda harus memastikan sumber daya keamanan terpenuhi. Anda harus memperhatikan setiap titik pada gedung yang membutuhkan keamanan ekstra. Sesuaikan juga jenis sumber daya keamanan yang akan digunakan, apakah berupa alat ataupun berupa tenaga manusia.

2. Memperhatikan Latar Belakang Tenaga Penjaga

Jika Anda memutuskan untuk menggunakan tenaga manusia untuk menjaga gedung, ada beberapa hal yang harus diperhatikan. Hal yang paling utama adalah latar belakang tenaga penjaga tersebut.

Pastikan latar belakang tenaga penjaga yang direkrut adalah orang yang memiliki kepribadian yang baik dan bertanggung jawab. Selain itu, Anda juga harus memilih tenaga penjaga yang benar-benar bisa diandalkan baik dari segi fisik dan juga perilaku.

Oleh karena itu, Anda tidak boleh sembarang merekrut orang untuk menjadi tenaga penjaga di kantor. Pastikan bibit dan bobotnya sesuai dengan yang Anda butuhkan.

Namun jika menggunakan jasa perusahaan penyedia tenaga keamanan, Anda juga harus tetap memperhatikan perusahaan tersebut. Pastikan untuk memilih perusahaan yang terpercaya dan sudah terbukti memiliki tenaga-tenaga keamanan yang terlatih dan terpercaya.

3. Menetapkan Sistem Kerja Petugas Keamanan

Selain menggunakan jasa keamanan yang terpercaya, Anda juga harus menetapkan sistem kerja petugas keamanan. Bagian ini juga penting karena nantinya akan berhubungan dengan kinerja tenaga keamanan yang Anda gunakan.

Pastikan Anda menerapkan sistem shift untuk setiap tenaga keamanan di kantor. Jangan sampai Anda membuat seorang tenaga keamanan bekerja dan berjaga selama 24 jam full.

Hal ini tentu saja akan membuat kinerja tenaga keamanan tersebut menjadi tidak maksimal. Selain itu, bekerja 24 jam penuh juga akan melanggar hak tenaga kerja tersebut.

4. Memperhatikan Akses Masuk Gedung Kantor

Aspek lainnya yang harus Anda perhatikan dalam menjaga keamanan kantor adalah dengan memperhatikan askes masuk. Jangan sampai gedung kantor Anda memiliki terlalu banyak akses masuk.

Terlalu banyak akses masuk pada gedung kantor akan membuat pengamanan menjadi sulit dilakukan. Hal ini dikarenakan ada banyak sekali celah yang bisa digunakan untuk masuk ke dalam kantor Anda.

Anda juga bisa menggunakan sistem pengamanan yang tinggi pada pintu masuk dengan memanfaatkan kecanggihan teknologi saat ini. Langkah ini dapat membuat sistem pengamanan pada gedung kantor menjadi lebih terjaga.

5. Keamanan Lahan Parkir

Terkadang karena terlalu fokus memperhatikan keamanan gedung kantor, keamanan pada lahan parkir menjadi terabaikan. Padahal keamanan keduanya sama-sama penting. Jika terjadi tindak kejahatan di lahan parkir, maka akan merugikan Anda juga.

Oleh karena itu, Anda juga harus memastikan keamanan pada lahan parkir juga terjaga dengan baik. Pasanglah beberapa unit CCTV yang dapat mengawasi keadaan di sekitar lahan parkir. Bahkan jika perlu, Anda juga dapat menempatkan beberapa petugas keamanan untuk menjaga area parkir.

konsultan security

Komponen Utama Keamanan Kantor

Berikut ini merupakan beberapa komponen keamanan kantor yang harus ada pada gedung kantor Anda.

1. Pos Keamanan 24 Jam

Pos keamanan haruslah ada pada gedung kantor Anda. Pastikan pos keamanan ini beroperasi terus selama 24 jam. Pastikan juga tenaga keamanan yang menjaga pos tersebut adalah tenaga yang mumpuni.

Walaupun harus beroperasi selama 24 jam, pastikan tenaga keamanan yang digunakan banyak sehingga bisa diterapkan sistem shift. Menjaga post keamanan selama 24 jam tentu saja tidak masuk akal. Petugas keamanan tersebut memerlukan istirahat agar bisa bekerja dengan maksimal.

2. Adanya CCTV

Saat ini, CCTV merupakan salah satu hal yang harus ada jika Anda membahas mengenai sistem keamanan gedung kantor. Adanya CCTV yang ditempatkan di beberapa sudut kantor dapat membantu tenaga keamanan dalam memantau keadaan gedung kantor.

Selain itu jika terjadi kejahatan, CCTV sangatlah berguna karena akan menangkap apa saja yang terjadi di sekitarnya. Hal ini tentu saja sangat berguna untuk membantu Anda dalam mengetahui apa yang sebenarnya terjadi.

3. Ketersediaan Alarm Kebakaran

Keamanan juga tak melulu harus membahas mengenai kejahatan yang dilakukan oleh orang lain. Terkadang ada beberapa jenis sumber bahaya selain dari manusia yang mengancam. Salah satunya adalah kebakaran.

Alarm kebakaran merupakan hal yang sangat penting dan harus dimiliki oleh setiap gedung kantor. Jika terjadi kebakaran, maka alarm tersebutlah yang akan memberi tahu orang-orang yang berada di dalam gedung. Dengan demikian, orang-orang dapat menyelamatkan diri dengan lebih cepat dan api yang muncul pun bisa dipadamkan lebih awal.

4. Komponen Emergency

Anda juga harus memastikan bahwa gedung kantor sudah dilengkapi dengan komponen emergency yang lengkap. Komponen emergency tersebut dapat berupa tangga darurat, alat pemadam kebakaran dan juga kotak P3K.

Komponen emergency tersebut tidak boleh dipandang sebelah mata. Walaupun terlihat jarang digunakan, tetapi komponen tersebutlah yang akan menyelamatkan Anda dan seisi kantor jika terjadi sesuai yang berbahaya. Oleh karena itu, pastikan Anda tidak lupa untuk menyediakan komponen emergency tersebut di gedung kantor.

5. Keamanan pada Pintu

Keamanan pada pintu juga harus turut menjadi perhatian. Anda harus menentukan sistem keamanan apa saja yang akan diletakkan pada pintu, baik itu pintu masuk ataupun pintu ruangan.

Agar keamanan lebih terjaga, Anda dapat menerapkan sistem keamanan yang lebih ketat pada pintu yang ada di gedung kantor. Hal itu dapat dilakukan dengan memanfaatkan kemajuan teknologi yang ada. Teknologi sidik jari dan pengenalan muka dapat dijadikan sebagai salah satu pilihan.

Jika masih merasa kebingungan dalam merancang sistem keamanan gedung kantor, maka Anda dapat menggunakan jasa keamanan gedung kantor. Salah satu perusahaan yang menyediakan jasa ini adalah ELF Associate. Perusahaan ini sudah banyak dipercaya oleh perusahaan besar karena terbukti kualitasnya. Untuk mengetahui secara detail mengenai perusahaan ini, Anda dapat membuka websitenya di https://eflsecurity.com

HUBUNGI KAMI UNTUK KEBUTUHAN KEAMANANMU BERSAMA EFL :

021 22976316

0811 1191 165

No Comments

Post A Comment